Tuesday, October 31, 2017

''Tips menghilangkan kerak gosong di panci dan wajan secara mudah''


''Tips menghilangkan kerak gosong di panci dan wajan secara mudah''

 Membersihkan panci dan wajan dari kerak makanan atau kerak gosong bisa menerapkan ilmu yang diturunkan nenek moyang kita. Simak triknya di artikel ini.

Masalah yang sering timbul pada panci dan wajan adalah kerak sisa masakan dan perubahan warna pada bagian panci yang terpapar api kompor. Cara membersihkan panci yang gosong bisa dimulai dengan mengenali masalahnya—apakah bercak gosongnya terjadi langsung pada permukaan panci atau bercak gosongnya merupakan kerak sisa masakan yang menempel di panci.

Untuk memudahkan penanganan kerak atau bercak gosong pada panci dan wajan, artikel ini mengelompokkannya ke dalam cara membersihkan gosong pada bagian luar dan cara membersihkan kerak gosong di dalam panci.

Cara menghilangkan kerak panci


Kerak sisa masakan gosong yang dibiarkan menempel di dalam panci setelah memasak lama-lama berubah menjadi lapisan yang menghalangi panas. Sebisa mungkin segera tangani panci dan wajan seusai dipakai. Cara tradisional yang umum dilakukan nenek-nenek kita masih terbukti ampuh membantu menghilangkan kerak pada panci yang baru selesai dipakai dan menjaga kebersihan peralatan dapur ini.

    Hindari memaksa menyingkirkan kerak sisa makanan dengan benda logam, semisal sendok dan pisau, tanpa melunakkan kerak tersebut terlebih dulu.
    Setelah panci atau wajan dikosongkan, langsung isi dengan air hingga sebatas merendam bagian yang ditempeli kerak sisa masakan.
    Kembalikan panci atau wajan ke atas bara api kecil di kompor.
    Biarkan hingga air mendekati titik didih.
    Tetap di atas kompor, gunakan sendok kayu untuk mengelupas kerak gosong perlahan-lahan dan tipis-tipis tanpa memaksa kerak yang masih keras. Lakukan hingga semua kerak lepas.
    Buang air kotor dalam panci atau wajan dan sesegera mungkin cuci dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight Jeruk Nipis 100, untuk melarutkan sisa-sisa minyak.

Membersihkan panci gosong

Air panas, cuka, dan bubuk soda kue bisa membantu melunakkan kerak gosong pada panci dan wajan. Segera tangani panci dan wajan sesudah dipakai, kemudian cuci luar-dalam dengan sabun cuci piring yang mampu melarutkan minyak, seperti Sunlight Jeruk Nipis 100, untuk mencegah penumpukan kerak sisa makanan dan jelaga.
Langkah-langkah :

    Campur air mendidih, cuka, dan bubuk soda kue untuk merendam bagian yang gosong pada panci atau wajan
    Gunakan sendok kayu atau sabut cuci untuk menghilangkan kerak perlahan-lahan
    Setelah dicuci seperti biasa, pastikan panci dan wajan kering sebelum dipakai di atas kompor agar tidak ada yang terbakar menyebabkan bekas gosong

Jika kerak sisa masakan di dalam panci sudah telanjur mengeras karena terlalu lama diabaikan dan sedikit demi sedikit menumpuk, trik berikut ini bisa Anda coba:

    Isi panci dengan air hingga merendam bagian yang berkerak gosong.
    Tuangkan secangkir cuka ke dalam air.
    Didihkan campuran air dan cuka lalu angkat panci dari kompor.
    Tambahkan 2 sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci. Gelembung-gelembung udara akan muncul pada dasar panci. Biarkan selama 10 menit.
    Gunakan sabut cuci piring untuk menggosok bagian yang berkerak gosong hingga bersih, kemudian cuci seperti biasa.

Cara menghilangkan gosong pada panci

Bercak gosong pada bagian luar panci kebanyakan disebabkan oleh jelaga. Jika jelaga dibiarkan bertumpuk di permukaan panci atau wajan dan tidak segera ditangani maka bercak gosong akan muncul, terutama di permukaan yang bergelombang tidak rata.

Berikut ini cara membersihkan wajan yang hitam dan membersihkan panci gosong:

    Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang bisa menampung panci atau wajan yang ingin dibersihkan.
    Tambahkan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue ke dalam air panas. Aduk hingga tercampur.
    Celupkan panci atau wajan sehingga bagian luarnya yang gosong terendam air. Anda bisa meletakkan pemberat di dalam panci atau wajan agar tidak mengambang.
    Biarkan semalaman hingga jelaga membandel melunak.
    Cuci dengan sabut spons seperti biasa.

Daripada repot mencari cara membersihkan wajan gosong, Anda lebih baik mencegahnya. Pastikan bagian luar panci dan wajan Anda bersih dan kering sebelum dipakai di atas kompor supaya tidak ada yang terbakar pada permukaannya. Jika terbakar, sisa kuah, saus, minyak goreng, atau air bergula bisa menyebabkan perubahan warna pada bagian luar panci dan wajan. Selalu cuci panci dan wajan luar-dalam dengan sabun cuci piring cair yang mampu melawan minyak, lalu keringkan sebelum dipakai atau disimpan.
Selamat mencoba 😉😉😉😉

No comments: