Wednesday, November 15, 2017

VIRAL VIDEO DUEL MAUT PEMBALAP BONDOWOSO


VIRAL VIDEO DUEL MAUT PEMBALAP BONDOWOSO 




Laga yang tidak sportif terjadi pada pertandingan balap di bondowoso
JANGAN DITIRU !!!!


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=5KwOtxYDjpY

Tuesday, November 14, 2017

Download Bahan Mengajar Matematika SD

Download Bahan Mengajar Matematika SD

 

Langsung aja buat para guru atau cagur alias calon guru 😆😆😆 entah matematika  atau guru Sekolah Dasar...ini ane ada sedikit persembahan yaitu beberapa materi bahan mengajar matematika ...dan file ini bisa kamu download di bawah ini :

download manik manik bilangan

download perkalian pecahan

download Luas bangun datar

download operasi bilangan bulat

download pembagian pecahan 

cara download :
1. Pilih file
 





2. Klik download di kanan atas






3.klik save file dan ok






Setelah di download jangan lupa buka dengan program Microsoft Office PowerPoint 97-2003 Slide Show (.pps)

selamat mendownload   dan salam solidaritas 😆😆😆😆

VIRAL VIDEO GURU TAMPAR MURID

VIRAL VIDEO GURU TAMPAR MURID

video ini menjadi pembelajaran bagi guru dan murid agar saling instrospeksi diri

 

diambil dari  https://www.youtube.com/watch?v=hIu8Jo8cjbY

Longsor di Kemutuk Magelang

Bencana Longsor di Kemutuk Magelang

Malam tadi tanggal 13 November 2017 kurang lebih pukul 18.30, di Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang telah terjadi bencana tanah longsor yang menimpa rumah milik penduduk bernama Muhammad Afiq ( 32 th ) , meski tidak ada korban jiwa namun bencana tanah longsor ini telah mengakibatkan kerugian material ratusan juta rupiah dan juga secara psikologi telah mengakibatkan rasa trauma bagi korban dan penduduk desa. Apalagi pada saat ini awal musim penghujan,dimana tiap hari terjadi hujan baik intensitas rendah,sedang dan tinggi,kadang juga disertai angin kencang. Pada saat postingan ini dibuat,BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kab.Magelang beserta muspika kecamatan tempuran,polsek,koramil,mahasiswa kkn unnes, dewan guru  SDN Kemutuk, Banser,Relawan Garuda dan warga setempat sedang mengevakuasi dan membersihkan tempat kejadian .


Foto-foto tempat kejadian longsor










Maaf jika informasi dan foto kurang lengkap karena pada saat ini sedang dilakukan evakuasi 🙏🙏🙏
Dengan adanya musim pancaroba yang ekstrim ini semoga menjadikan kita selalu waspada serta banyak mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Monday, November 13, 2017

Metode Dan Cara Mengajarkan Membaca Menulis Pemulaan ( MMP )

Metode Dan Cara Mengajarkan Membaca Menulis Pemulaan ( MMP )

 

1.      Metode Abjad (Alphabet)

Pembelajaran membaca permulaan dengan metode abjad dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf secara alphabetis. Huruf-huruf tersebut dihafalkan dan dilafalkan anak sesuai dengan bunyinya menurut abjad. Untuk beberapa kasus, anak susah membedakan huruf-huruf b, d, p, q atau n, u, m, w. untuk itu guru melatihkan huruf-huruf tersebut berulang-ulang atau dengan cara member warna yang berbeda.
Setelah tahapan itu siswa diajak untuk mengenal suku kata dengan cara merangkaikan beberapa huruf yan sudah dikenalnya.
Contoh :   b dan a dibaca ba
                 C dan a dibaca ca
Sehingga dua suku kata tersebut dibaca menjadi “baca”.

2.      Metode Eja  (Spelling Method)

Metode eja adalah belajar membaca yang dimulai dari mengeja huruf demi huruf. Pendekatan yang dipakai dalam metode eja adalah pendekatan harfiah. Siswa mulai diperkenalkan dengan lambang-lambang huruf. Pembelajaran metode Eja terdiri dari pengenalan huruf atauabjad A sampai dengan Z dan pengenalan bunyi huruf atau fonem. Metode kita lembaga didasarkan atas pendekatan kata, yaitu cara memulai mengajarkan membaca dan menulis permulaan dengan menampilkan kata-kata.
Metode ini hampir sama dengan metode abjad. Perbedaanya terletak pada system pelafalan abjad atau huruf (baca: beberapa konsonan).
Contoh :
Huruf b dilafalkan /eb/ : dilafalkan dengan e pepet.
Huruf d dilafalkan /ed/
Huruf c dilafalkan /ec/
Huruf g dilafalkan /ec/
Huruf f dilafalkan /ep/
Huruf k dilafalkan /ek/
Metode pembelajaran di atas dapat diterapkan pada siswa kelas rendah (I dan II) di sekolah dasar. Guru dianjurkan memilih salahsatu metode yang cocok dan sesuai untuk diterapkan pada siswa. Guru sebaiknya mempertimbangkan pemilihan metode pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut:
1.      Dapat menyenangkan siswa
2.      Tidak menyulitkan siswa untuk menyerapnya
3.      Bila dilaksanakan, lebih efektif dan efisien
4.      Tidak memerlukan fasilitas dan sarana yang lebih rumit

3.      Metode Suku Kata (Syllabic Method)

Metode ini diawali dengan pengenalan suku kata seperti ba, bi bu, be, bo, ca.ci,cu,ce,co, da,di,du,de,do, dan seterusnya. Kemudian suku – suku kata tersebut dirangkaikan menjadi kata- kata yang bermakna, misalnya:
Ba – bi cu – ci da – da
Ba – bu ca – ci du – da
Bi – bi ca – ca da – du
Ba – ca cu – cu di – di
Kemudian dari sukun kata diatas dirangkaikan menjadi kalimat sederhana yang dimaksud dengan proses perangkaian kata menjadi kalimat sederhana.
Contoh:
Da – da ba – bi
Bi – bi ca – ca
Ba – bu di – di (dan seterusnya)
Kemudian ditindaklanjuti dengan proses pengupasan atau penguraian bentuk-bentuk tersebut menjadi satuan bahasa terkecil di bawahnya, yakni dari kalimat kedalam kata dan kata kedalam suku – suku kata.
(kalimat → kata – kata → suku – suku kata)

4.      Metode Kata (Whole Word Method)

Metode ini diawali dengan pengenalan kata yang bermakna, fungsional, dan kontekstual. Sebaiknya dikenalkan dengan kata yang terdiri dari dua suku kata terlebih dahulu. Kemudian mengenalkan suku kata tersebut dengan membaca kata secara perlahan, dan memberikan jeda pada tiap suku kata. Hal ini dapat dikombinasikan dengan gerakan tepukan tangan pada setiap suku kata. Tujuannya merangsang motorik anak serta melatih anak mengenal penggalan suku kata.

5.      Metode Kalimat/Global (Syntaxis Method)

Decroly.”Kemudian Depdiknas (2000:6) mendefinisikan bahwa metode global adalah cara belajar membaca kalimat secara utuh. Metode global ini didasarkan pada pendekatan kalimat. Caranya ialah guru mengajarkan membaca dan menulis dengan menampilkan kalimat di bawah gambar. Metode global dapat juga diterapkan dengan kalimat tanpa bantuan gambar. Selanjutnya, siswa menguraikan kalimat menjadi kata, menguraikan kata menjadi suku kata, dan menguraikan suku kata menjadi huruf.
Langkah-langkah penerapan metode global adalah sebagai berikut:
1) Siswa membaca kalimat dengan bantuan gambar. Jika sudah lancar, siswa membaca tanpa bantuan gambar, misalnya: Ini Nani
2) Menguraikan kalimat dengan kata-kata: /ini/ /Nani/
3) Menguraikan kata-kata menjadisuku kata: i – ni - na – ni
4) Menguraikan suku kata menjadi huruf-huruf, misalnya: i-n-i - n-a-n-i

6.      Metode SAS (Structural, Analytic, Syntatic)

Metode SAS merupakan singkatan dari “Struktural Analitik Sintetik”. Metode SAS merupakan salah satu jenis metode yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran menulis membaca permulaan bagi siswa pemula.
Dalam proses operasionalnya metode SAS mempunyai langkah langkah berlandaskan operasional dengan urutan :
·         Struktural menampilkan keseluruhan, guru menampilkan sebuah kalimat pada anak
·         Analitik melakukan proses penguraian: anak daiajak untuk megenal konsep kata dan mulai menganalisis kalimat menjadi kata, kata menjadi suku kata dan suku kata menjadi huruf.
·         Sintetik melakukan penggabungan kembali kepada bentuk Struktural semula, setelah kalimat diuraikan dari huruf dirangkai menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat semula.

7.      Metode 4 Tahap Steinberg (Four Steps Steinberg Method)

Menurut Steinberg (1982) ada empat tahap (langkah) dalam pembelajaran membaca permulaan, yaitu :
a.    Mengenal kata dan maknanya (membaca kata dengan gambar)
b.    Memahami kata yang dibacanya (membaca kata tanpa gambar)
c.    Membaca frase atau kalimat
d.   Membaca teks atau wacana

Metode Menulis Permulaan di Sekolah Dasar

Metode menulis permulaan akan mengikuti metode yang digunakan pada metode membaca permulaan. Misalnya, jika guru menggunakan metode abjad pada membaca permulaan maka akan menggunakan menulis permulaan dengan menggunakan metode abjad pula.
Contoh siswa di suruh menyalin huruf: a, b, c, d, f, g, h, i, j, dan seterusnya.
Metode menulis permulaan sama seperti membaca permulaan, diantaranya :
1.      Metode Abjad (Alphabet)
2.      Metode Eja  (Spelling Method)
3.      Metode Suku Kata (Syllabic Method)
4.      Metode Kata (Whole Word Method)
5.      Metode Kalimat/Global (Syntaxis Method)
6.      Metode SAS (Structural, Analytic, Syntatic)
7.      Metode 4 Tahap Steinberg (Four Steps Steinberg Method)


Kelebihan/Keunggulan dan Kelemahan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar

1.      Metode Abjad (Alphabet)

Kelebihan metode eja
·      Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf jadi siswa lebih cepat dan hafal dari alphabet.
·       Siswa langsung mengetahui bunyi dari setiap bentuk huruf.
Kekurangan metode eja
·         Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf kemudian menyusunnya  menjadi kata maka membutuh kan waktu yang lama.
·         Apabila tidak diulang terus menerus kebanyakan siswa akan mudah lupa antara bentuk dan bunyi huruf tersebut.

2.      Metode Eja  (Spelling Method)

Kelebihan metode eja
·       Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf jadi siswa lebih cepat dan hafal fonem.
·       Siswa langsung mengetahui bunyi dari setiap bentuk huruf.
Kekurangan metode eja
·         Siswa diharuskan untuk mengetahui setiap lambang huruf kemudian menyusunnya  menjadi kata maka membutuh kan waktu yang lama.
·         Apabila tidak diulang terus menerus kebanyakan siswa akan mudah lupa antara bentuk dan bunyi huruf tersebut.

3.      Metode Suku Kata (Syllabic Method)

Kelebihan metode suku kata
·         Dalam membaca tidak ada mengeja huruf demi huruf sehigga mempercepat proses penguasaan kemampuan membca permulaan
·         Dapat belajar mengenal huruf dengan mengupas atau menguraikan suku kata suku kata yang dipergunakan dalam unsur-unsur hurufnya
·         Penyajian tidak memakan waktu yang lama
·         Dapat secara mudah mengetahui berbagai macam kata
Kelemahan metode suku kata
·         Bagi anak kesuliatan belajar yang kurang mengenal huruf, akan mengalami kesulitan merangkaikan huruf menjadi suku kata.
·         Siswa akan sulit bila disuruh membaca kata-kata lain, karena mereka akan condong mengingat suku kata yang diajarkan saja.

4.      Metode Kata (Whole Word Method)

Kelebihan metode kata
·         Dalam membaca tidak ada mengeja huruf demi huruf sehigga mempercepat proses penguasaan kemampuan membca permulaan.
·         Langsung mengetahui kata tanpa harus mengejenya, yang dapat meperlambat proses pengajaran
Kelemahan metode global
·         Biasanya anak tidak langsung bisa membaca perkata.
·         Susah diterapkan pada anak yang mempunyai intelejensi kurang.

5.      Metode Kalimat/Global (Syntaxis Method)
Kelebihan metode global
·         Karena menggunakan gambar maka siswa lebih cepat mengerti dan hafal.
Kelemahan metode global
·         Metode global memakai gambar metode ini tidak bisa diterapkan di SD daerah pedesaan karena untuk mendapatkan gambar sangat sulit, jauh dari tempat fotocopy atau print.
·         Mungkin siswa akan menghafal gambar saja, dan tidak terlalu memperhatikan kalimatnya.

6.      Metode SAS (Structural, Analytic, Syntatic)

Kelebihan metode SAS
·         Metode ini dapat sebagai landasan berpikir analisis.
·         Dengan langkah-langkah yang diatur sedemikian rupa membuat anak mudah mengikuti prosedur dan akan dapat cepat membaca pada kesempatan berikutnya
·         Berdasarkan landasan linguistik metode ini akan menolong anak menguasai bacaan dengan lancar.
Kelemahan metode SAS
·         Metode SAS mempunyai kesan bahwa pengajar harus kreatif dan terampil serta sabar. Tuntutan semacam ini dipandang sangat sukar untuk kondisi pengajar saat ini.
·         Banyak sarana yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan metode ini untuk sekolah sekolah tertentu dirasa sukar.
·         Metode SAS hanya untuk konsumen pembelajar di perkotaan dan tidak di pedesaan.
·         Oleh karena agak sukar mengajarkan para pengajar metode SAS maka di sana-sini Metode ini tidak dilaksanakan.

7.      Metode 4 Tahap Steinberg (Four Steps Steinberg Method)

Kelebihan metode 4 tahap steinberg
·         Lebih cepat memahami membaca karena kata yang diajarkan memiliki makna yang telah diketahui oleh siswa seperti bola.
·         Proses pembelajaran mengikuti prinsip pendekatan spiral (dari yang mudah ke yang sulit)
Kelemahan metode 4 tahap steinberg
·         Sulit di terpakan pada anak-anak yang mempunyai intelejensi yang kurang

Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar

1.      Persiapan Membaca Permulaan

Langkah-langkahnya yaitu :
a.       Penguatan prosedur kelas (siswa focus dan tenang) dan etika membaca (menjaga kebersihan      buku, berbagi bila buku digunakan bersama)
b.      Cara duduk siswa (posisi duduk tegak)
c.       Cara membuka buku (dari halaman depan ke belakang)
d.      Mengatur jarak mata ke buku (jarak pandang antara mata dan buku ± 40 cm)
e.       Melatih cara membaca dari kiri ke kanan.

2.      Persiapan Menulis Permulaan

Langkah-langkahnya yaitu :
a.       Penguatan prosedur kelas (siswa focus dan tenang) dan etika membaca (menjaga kebersihan buku, berbagi bila buku digunakan bersama)
b.      Cara duduk siswa (posisi duduk tegak)
c.      Cara membuka buku (dari halaman depan ke belakang)
d.      Mengatur jarak mata ke buku (jarak pandang antara mata dan buku ± 40 cm)
e.      Cara memegang pensil
f.       Melatih cara menggerakan pensil dari kiri ke kanan
g.      Latihan membuat bulatan (lingkaran) atau setengah lingkaran
h.      Latihan membuat garis-garis (lurus, miring, datar)
i.       Menyambungkan titik-titik menjadi sebuah garis lurus atau garis lengkung
j.       Menyambungkan garis-garis menjadi sebuah bentuk
k.      Latihan menulis di udara
l.       Latihan menulis dengan jari di atas pasir, tepung, meja, punggung teman.
m.    Bagi anak yang mengalami kesulitan menulis biasanya motorik halusnya belum berkembang dengan baik. Untuk mengatasinya dapat dibantu dengan latihan motorik halus, seperti : meremas bola tenis, membuat bentuk benda dari plastisin, memainkan jepitan kertas ibu jari dan jari telunjuk, membuka dan mengancingkan  baju dengan tangan kanan, menalikan tali sepattu, bertepuk tangan sambil mengucapkan atau membaca kata.


Semoga bermanfaat 😐

Sunday, November 12, 2017

"Pariwisata Sejarah Kabupaten Magelang"

 "Pariwisata Sejarah Kabupaten Magelang"

Magelang termasuk kabupaten dan kota yang memiliki peninggalan tujuh keajaiban dunia, sehingga sampai saat ini magelang semakin terkenal baik di indonesia sendiri bahkan sampai ke penjuru dunia. Di Magelang ada berbagai situs yang merupakan peninggalan sejarah di antaranya yaitu candi borobudur, candi mendut dll. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Candi Borobudur



Candi borobudur memang tidak asing lagi ditelinga kita, bukan hanya menjadi tempat wisata di Magelang saja, tetapi sudah menjadi Icon Tempat Wisata Indonesia. Karena candi ini lah yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia yang pernah ada. Meskipun terkenal sebagai destinasi wisata di jogja, namun sebenarnya candi borobudur ini terletak di kawasan kabupaten magelang, tepatnya di kalau dari semarang +- 100 KM, dari surakarta -+ 86 KM dan 40 KM kalau anda dari jogja.

Untuk mengenal sejarah candi borobudur, tiket masuknya pun cukup terjangkau Rp. 30.000 khusus dewasa dan 12.500 untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Buka dari pukul 06.00 – 17.00.

Candi Pawon


Candi pawon atau nama lain candi brajanalan ini terletak tidak jauh dengan candi borobudur, jarak dari candi borobudur ke candi pawon sekitar berjarak tempuh 2 KM. Kalau dari arah candi mendut berjarak tempuh sekitari 1 KM. Yang unik letak candi mendut, candi pawon dan candi borobudur memiliki garis lurus yang memberi arti bahwa ketiga candi tersebut memiliki hubungan sejarah yang sangat erat. Bahkan candi pawon sendiri merupakan upa angga atau bagian dari candi borobudur. Nama asal dari candi pawon adalah pawuan yang memiliki arti tempat menyimpan abu .

Batur candi pawon memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter dan denahnya berbentuk segi empat. Uniknya lagi tepi candi pawon dibentuk berliku-liku yang memiliki dua puluh sudut, batur dari dinding dihiasi dengan pahatan berbagai motif yang berbentuk sulur-suluran, sebagai ciri khas supaya terlihat lebih ramping seperti candi hindu dan berbeda dengan candi budha lainya.

Pintu masuk ke ruangan dalam tubuh candi pawon yaitu terletak di sisi barat, di atas ambang pintu masuk terdapat hiasan kalamakara tanpa rahang bawah. Tangga menuju selasar dilengkapi dengan pipi tangga dengan pahatan pada dinding luarnya.

Candi Mendut



Tempat wisata di Magelang Jawa Tengah yang berikutnya adalah Candi Mendut adalah candi yang letaknya berada di paling timur dari garis lurus tiga serangkai candi tadi. Pada bagian dalam candi ini terdapat ruangan yang berisikan altar tempat tiga arca Budha berdiri, dan keadaan arca tersebut sampai saat ini masih utuh. Relief-relief yang terdapat pada dinding candi ini masih jelas terlihat bentuknya. Relief tersebut mengandung cerita berupa ajaran moral dengan menggunakan tokoh-tokoh binatang sebagai pemerannya. Untuk penemuan situs bersejarah candi mendut pada tahun 1836. Kemudian di renovasi pada tahun 1897 dan 1904. Pada tahun 1908 dipugar kembali oleh arkeolog belanda hingga bagian puncaknya tertata. Dan pada  Tahun 1925 sejumlah stupa kembali dirapihkan, dipasang dan disusun lagi. Adapun luas bangunan candi mendut tersebut adalah 13,7×13,7 meterdengan tinggi 26,4 meter.

Candi Ngawen



Candi ngawen letaknya dekat pasar muntilan terdiri dari lima candi, namun sampai saat ini yang masih utuh hanya satu, sisanya sudah menjadi reruntuhan. Mungkin karena  jauh dari jalan utama sehingga jaraknya terasa menjadi jauh bagi pengunjung yang hendak melihat keunikan dari candi ngawen tersebut. Candi ngawen berdiri di dekat pemukiman warga dan sawah. Lokasi candi ngawen masih dalam lingkup kelurahan gunung pring kecamatan muntilan yang terkenal dengan wisata religinya yaitu makam para leluhur.

Candi Canggal



Wisata Magelang Jawa Tengah yang berikutnya yaitu Candi canggal atau di sebut juga candi wukir ini terletak di dusun Canggal, Kelurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada di atas Bukit Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Candi canggal atau candi wukir merupakan peninggalan candi hindu, dan untuk penemuan situs candi tersebut diperkirakan tahun 732 M. Candi canggal di bangun pada pemerintahan raja sanjaya dari zaman kerajaan mataram kuno. Pada tahun 1879 banyak di temukan prasasti canggal yang sudah kita kenal sampai saat ini. Komplek area reruntuhan candi mempunyai ukuran 50 meter x 50 meter.

Candi Selogriyo



Candi Selogriyo terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Selo artinya batu sedangkan griyo adalah rumah jadi selogriyo artinya rumah dari batu, masyarakat yang berdomisili sekitar candi tersebut menyebutnya dengan bahasa jawa yaitu omah watu.

Candi Selogriyo ini berdiri sendiri dan terletak tepat di lereng tiga bukit yaitu bukit condong, giyanti dan malang. Berada di ketinggian kira-kira 648 mdpl.

Akses untuk sampai ke Candi selogriyo dari pemukiman warga terdekat hanya bisa di lalui dengan berjalan kaki atau dengan mengendarai sepeda motor. Karena akses jalan yang masih sulit untuk di jangkau dengan kendaraan roda empat.

Candi Gunung Sari



Candi Gunung Sari merupakan candi yang terletak di Dusun Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. akses jalan menuju candi gunung sari bagi pengunjung hanya mengikiuti arah jalan magelang jogya di km 24, disitu anda akan menemukan yang namanya dusun gulon kecamatan salam kabupaten magelang. Setelah anda sampai dusun gulon disitu ada papan arah untuk menuju candi gunung sari, jika anda berkendaraan sepeda motor sesampainya di kompleks anda bisa menitipkan sepeda motor lalu berjalan kaki untuk menuju lokasi wisata.
Keindahan wisata candi gunung sari sebenarnya ada pada alam sekitarnya, yang menampilkan panorama indah dan asri.

Candi Lumbung



Dari namanya sudah unik dan mengandung sejarah yang sakral, ada kemungkinan pada zaman dahulu candi lumbung digunakan untuk menyimpan bekal makanan atau hasil bumi.

Letak candi lumbung yang dahulu berjarak sekitar 750 meter dari lokasi sekarang. Karena khawatir peninggalan sejarah ini hilang yang disebabkan oleh banjir lahar dingin karena berdekatan dengan sungai saluran merapi, maka dilakukan pemindahan.

Candi lumbung yang sekarang Terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan  Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang,yang berdekatan dengan candi asu sengi dan candi pendem.

Bangunannya berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8,43 x 8,43 meter, dan menghadap ke arah barat. Atap candi yang kini sudah tidak utuh ini justru menarik wisatawan untuk mengunjunginya sebagai bahan penelitian Di bagian barat daya candi ini hanya tersisa bebatuan yang jumlahnya tidak banyak dan menumpuk di tengah candi lumbung. Dan dalam bebatuan bangunan candi ada ukiran dan bentuk hewan, yang memiliki makna tersendiri. Candi lumbung merupakan peninggalan hindu yang diperkirakan berdiri pada abad 8.

Candi Pendem




Jika anda sudah memasuki daerah wisata candi lumbung anda juga dapat menikmati uniknya objek wisata magelang jawa tengah lainnya seperti candi pendem ini, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu anda bisa juga mengunjungi candi asu, yang letaknya kurang lebih 150 meter arah barat daya candi pendem. Candi Asu terlihat dari jalan yang menghubungkan Desa Tlatar dengan Desa Ampel.

Candi Pendem ini merupakan peninggalan hindu, yang lokasinya berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan menuju candi pendem hanya bisa dengan berjalan kaki karena jalan satu-satunya anda harus melewati pematang sawah yaitu lahan sawah milik pertanian warga setempat.

Candi Asu Sengi



Setelah anda tiba di candi lumbung dan candi pendem, kini anda bisa sekalian berkunjung ke lokasi Candi Asu yang berjarak sekitar 150 meter arah barat daya dari candi pendem. Candi Asu Sengi merupakan objek wisata di Magelang yang berupa candi hindu atau tempat suci untuk melakukan pemujaan kepada arwah leluhur maupun arwah raja-raja serta dewa.

Letak candi asu ada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, tepat berada di lereng Gunung Merapi, sebelah barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan.



selamat berwisata sejarah

"Cara Merawat Mata "

"Cara Merawat Mata "

Merawat mata sangatlah penting, karena sayang sekali pengelihatan kita hilang. Banyak yang menyatakan bahwa di bagian Asia Tenggara banyak sekali orang terkena penyakit mata. Sebelum terjadi sesuatu pada mata, alangkah baiknya kita menjaga dan merawatnya dengan benar.

Seperti di bawah ini kami membantu anda untuk menemukan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mata dengan benar. Mata sangat rentan dan sensitive sekali, kita misalkan jika anda terlalu sering dan terlalu menggosok-gosok mata berlebihan, maka akan mendapat penyakit yang mungkin besar.

Selain hal itu, kita juga perlu datang ke dokter untuk berkonsultasi dengan teratur.
Merawat mata yaitu dengan :

1.Konsumsi Wortel

Memang sudah rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel terkandung betakaroten akan menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

2.Pakai Pelindung Mata

Saat berkendara, sinar matahari, berolahraga, dan aktivitas lainnya, cobalah untuk menjaga mata tetap aman dan terhindari dari debu, maka kami menyarankan untuk melindungi mata anda dari hal itu.

3.Istirahat Cukup

Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, mata juga butuh istirahat yang cukup. Seperti menonton dan depan komputer berjam-jam sangatlah membuat mata cukup lelah, maka dengan itu selangkanlah waktu sedikit untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan melihat objek yang jauh. Kenapa dengan objek yang jauh? karena dengan melihat objek yang jauh maka ruang lingkup mata akan terbuka dan lebih menenangkan.

4.Telur

Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.

5.Periksa Mata

Jika mata anda terasa ada yang beda atau jika mata anda kemasukan benda-benda kecil, sebaiknya untuk memeriksa mata anda ke dokter.

Baca Juga cara menurunkan berat badan yang alami 

Semoga Bermanfaat 👌👌👌

Saturday, November 11, 2017

Practice Indonesian Matematics For Elementary School

Practice Indonesian Matematics For Elementary School 

 

   Operation of Integers


1. The nature of commutative or exchange

The commutative nature of the sum
general form formula: a + b = b + a

Example:

7 + 8 = 8 + 7 = 15

20 + 15 = 15 + 20 = 35


The commutative nature of multiplication

general form formula: a x b = b x a

Example:

4 x 5 = 5 x 4 = 20

12 x 3 = 12 x 3 = 36

2. Associative Properties or Grouping


The associative nature of the sum

general form: (a + b) + c = a + (b + c)

Example:

(12 + 3) + 7 = 12 + (3 +7)

15 + 7 = 12 + 10

22 = 22


Associative properties of multiplication

general form: (a xb) x c = a x (b x c)

Example:

(4 x 3) x 5 = 4 x (3 x 5)

12 x 5 = 4 x 15

60 = 60

3. Distribution or Distribution


Distributive property of multiplication to addition

the general form formula is: a × (b + c) = (a × b) + (a × c)

Example:

3 x (5 + 7) = 3 x 5 + 3 x 7

    = 15 + 21

    = 36


Distributive property of multiplication against subtraction

Example:

3 x (9 - 2) = 3 x 9 - 3 x 2

    = 27 - 6

    = 21
    Operation Compute Mixed Numbers

 Terms of operation count:

- If there are brackets that work inside the brackets first

- if there are no brackets, multiplication and division (selevel) in the first place on the addition and subtraction (selevel)


Example:

7500 - 30 × 50: 3 + 250

= 7500 - 500 - 250

= 6750


336: 12 x 20 - (235 + 146)

= 336: 12 x 20 - 381

= 28 x 20 - 381

= 560 - 381

= 179


   

KPK and FPB on Two and Three Numbers


Determine the FPB of two numbers

How to determine FPB two numbers

- Find the pad factor of each number

- Determine the fellowship factor of both numbers

- Multiply the partnership factor (same factor) which has the lowest rank


18 = 2 x 3 ²

27 = 3³

-----

the same factor is 3, the smallest of which is 3 ² = 9


Determine the KPK of two Numbers

How to determine KPK two numbers

- Find the prime factor of each number

- multiply all factors, the same factors are chosen high rank

Example

KPK 12 and 15

Prime Factor

12 = 2 × 3

15 = 3 x 5

KPK = 2² x 3 x 5 = 60

for KPK and FPB 3 the same number of ways.

    Define Square Root 3 Cubic Numbers




1³ read one rank of three = 1 × 1 × 1 = 1


2³ read two cubits = 2 × 2 × 2 = 8


3³ reads three power of 3 = 3 × 3 × 3 = 27


4³ reads four power three = 4 × 4 × 4 = 64


5³ reads five power of three = 5 × 5 × 5 = 125


1, 8, 27, 64, 125, and so on are cubic or powers of 3

Addition and Reduction


2³ + 3³ = (2 × 2 × 2) + (3 × 3 × 3)

= 8 + 27

= 35



6³ - 4³ = (6 × 6 × 6) - (4 × 4 × 4)

= 216 - 64

= 152

Multiplication and Division


2³ × 4³ = (2 × 2 × 2) × (4 × 4 × 4)

= 8 × 64

= 512


6³: 2³ = (6 × 6 × 6): (2 × 2 × 2)

= 216: 8

= 27

Volume and Time


Volume Unit Relation
volume relationship
Example
1 m3 = 1,000 dm3 = 1,000,000 cm3 = 1,000,000,000 mm3
1,000,000,000 m3 = 1,000,000 dam3 = 1,000 hm3 = 1 km3


Time Unit

1 century = 100 years
1 windu = 8 years
1 year = 12 months
1 year = 52 weeks
1 month = 4 weeks
1 month = 4 weeks
1 week = 7 days
1 decade = 10 years
1 decade = 10 years
1 millennium = 1000 years
1 day = 24 hours
1 hour = 60 minutes
1 minute = 60 seconds

Calculate Broad Width Flat


Build Broad Formulas
Rectangle L = Length x Width
Jajar Genjang L = Alas x Height
Split the Lupe = ½ x d1 x d2
Kite L = ½x d1 x d2
Trapezoidal L = ½ t × (a + b)
Triangle L = ½ base x height
Square L = side x side = s2
Circle L = phi x r2
Volume Formulas Build Classroom 6 SD
Name Build Room Volume Formula
Prime vertical triangle V = base area x Height
Tubes V = phi r2 x t


Data Ordering


6 8 7 5 9 8 8 6 9 7
10 6 6 8 8 7 7 5 5 10
4 5 9 9 5 4 4 5 6 10

If sorted by table and frequency becomes
Value of Amount (Frequency)
4 3
5 6
6 5
7 4
8 5
9 4
10 6
Total 30
Interpreting Data:

- The Smallest Value
- Largest Value
- Average Value, and so on


Counterfeit operations
Simplifying Fractions

Simplifying the fractions can be done by dividing the callers and denominators by using the same number of examples:

simplification of fractions
Sorting Fractions

The rare-step sort of fractions
--Save a denominator of the fraction to be sorted
- Equalization can be done by using KPK
- If the denominator is the same, simply sort the numerator from the smallest or the largest.

ngurutin fractions from small or from large
Converting a Fractional Form to a decimal and vice versa

Make the denominator a multiple of ten and then pull the left coma according to the zero in the denominator

examples change fractions to decimals

For more details on how to quickly convert a regular fraction to a decimal number or vice versa can my friend read on change fractions.
Multiplying Fractions with an Integer

Example:

multiply fractions by integers
Summing and Subtracting Fractions

To be able to add and subtract fractions first equate the denominator.

addition of fractions

fraction reduction
Multiply and Divide Fractions

Multiplying fractions is pretty easy. The numerator is multiplied by the numerator. The denominator multiplied the denominator. If simplified then simplify it.

multiplication of fractions
The fractional division is equal to multiplying by the inverse of the dividing number of the divisor.
division of fractions

Scale


    Scale Formula = Distance on image (map) / actual distance
    Actual Distance Formula = Distance on image (map) / scale
    Rumu Jarka on the picture = Actual distance x scale

Coordinate System


    A cartesius coordinate field is formed by two axes. Straight axis (y-axis) and horizontal axis (x axis).
    From the vertical axis up and the horizontal axis to the right has a positive value.
    From the vertical axis point downward and the horizontal axis to the left has a negative value.
    Finding the coordinate point of an object is obtained by finding the location on the x axis to the right or to the left with the position on y axis up or down.
    The x-axis is also called the abscissa (x) and the y-axis is called the ordinate (y).

Processing and Presenting Data


Average: Average sought by summing all samples divided by the number of samples.
Maximum Value: Is the highest value of all existing data.
Minimum Value: The smallest or lowest value of all data.
Mode: The most value appears
Presentation of data can be done with the form:
presentation of data in the form of a pie chart

presentation of data in the form of a pie chart

a. Table
b. Bar chart
c. Circle Diagram
d. Other Forms

Thursday, November 9, 2017

Surat Kepala BKN tentang Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO)

 Surat Kepala BKN tentang Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO)

Setelah pada beberapa waktu sebelumnya telah kita dengar kabar bahwa akan ada kebijakan terkait dengan kenaikan pangkat otomatis bagi semua instansi. Terkait dengan hal tersebut, berdasarkan surat edaran Kepala BKN yang berhubungan dengan kenaikan pangkat dan pensiun PNS secara otomatis saat ini yakni melalui Surat Edaran Kepala BKN Nomor: D.26-30/79.V/99 tertanggal 14 Juli 2017 perihal Penetapan Kenaikan Pangkat dan Pensiunan PNS Setelah Diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.




Adapun Surat Kepala BKN No D-26/30/V-99 tertanggal 14 Juli 2017 ini antara lain menjelaskan tentang proses kenaikan pangkat dan proses penetapan pensiun PNS selama masa transisi sebelum ditetapkan peraturan pelaksana sebagai turunan dari diterbitkannya PP 11 tahun 2017. Selain itu Surat Edaran Kepala BKN No. D.26-30/79-V/99 tertanggal 14 Juli 2017 juga menjelaskan tentang pemberlakuan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO).
Khususnya pada poin 2 bagian E Surat Edaran Kepala BKN No. D.26-30/V/99disebutkan bahwa Seluruh Instansi diharapkan dapat melaksanakan proses Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) mulai periode 1 Oktober 2017 dan paling Lambat 1 April 2018.
isi lengkap Surat Kepala BKN Nomor D-26-30/79-V/99 tentang Penetapan Kenaikan Pangkat dan Pensiunan PNS Setelah Diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tertanggal 14 Juli 2017 dapat di baca disini
  

Perkembangbiakan Hewan dengan cara Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar

Perkembangbiakan Hewan dengan cara Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar

Perkembangbiakan Hewan dengan cara Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar
Mengenal apa yang dimaksud dengan Perkembangbiakan Hewan dengan cara OVIPAR, VIVIPAR dan OVOVIVIPAR, beserta ciri-ciri dan contohnya.
Untuk mempertahankan Species atau jenis suatu makhluk hidup, maka setiap makhluk hidup menambah atau memperbanyak keturunannya, Proses menambah atau memperbanyak keturunan ini biasa disebut dengan Perkembangbiakan makhluk hidup.
Perkembangbiakan makhluk hidup disebut juga dengan istilah Reproduksi.

Bagaimana Cara makhluk hidup berkembang biak?

Perkembangbiakan
Terdapat dua jenis perkembangbiakan makhluk hidup, yakni:

  1.  Perkembangbiakan Generatif.
  2.  Perkembangan Vegetatif.

Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan Generatif yang terjadi pada Hewan, dilakukan dengan cara perkawinan, Proses perkawinan terjadi saat sel dari species jantan bertemu dengan sel dari species betina, kemudian kedua sel dari jenis kelamin yang berbeda tersebut melebur dan menyatu, dan akhirnya menghasilkan keturunan makhluk hidup baru dengan jenis yang sama dengan sang induk.
Baca juga: Jenis Perkembangbiakan pada tumbuhan

Perkembangbiakan makhluk hidup (Hewan) secara Generatif ini, terbagi lagi menjadi 3 jenis dilihat dari hasil proses perkawinannya, yakni:

    1.OVIPAR (Bertelur)
    2. VIVIPAR (Beranak)
    3. OVOVIVIPAR (Bertelur dan beranak)


perkembangbiakan hewan dengan cara ovipar,vivipar dan ovovivipar


1. OVIPAR (Bertelur)

OVIPAR adalah perkembangbiakan atau Reproduksi suatu makhluk hidup (Hewan) dengan menghasilkan Telur (Bertelur), dan kemudian telur tersebut dierami sampai menetas diluar badan induknya dan menghasilkan anak atau Individu baru yang sejenis.

Ciri-ciri Hewan Ovipar:

    Mengerami telurnya
    Tidak memiliki daun Telinga
    Tidak memiliki Kelenjar Susu
    Tidak menyusui Anaknya


Contoh Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur (OVIPAR), antara lain:



    1.Ayam
    2.Burung
    3.Angsa
    4.Bebek
    5.Kupu-kupu
    6.Belalang
    7.Ular


perkembangbiakan hewan dengan cara vivipar atau beranak


2. VIVIPAR (Beranak)
Vivipar adalah perkembangbiakan atau Reproduksi suatu makhluk hidup (Hewan) dengan cara pembuahan Sel jantan terhadap sel telur betina di dalam tubuh induknya, kemudian mengalami pertumbuhan hingga akhirnya dilahirkan dalam bentuk individu baru yang sejenis, Proses ini biasa disebut dengan melahirkan atau beranak.

Ciri-ciri Hewan Vivipar:

    Memiliki Kelenjar susu
    Memiliki daun telinga.
    Tubuh ditutupi dengan bulu / rambut.
    Pada umumnya menyusui (Mamalia)
    Keturunannya berkembang di dalam tubuh sang induk sebelum dilahirkan


Contoh Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur (VIVIPAR), antara lain:



    1.Kambing
    2.Kerbau
    3.Kucing
    4.Sapi
    5.Harimau
    6.Kera
    7.Kuda


perkembangbiakan dengan cara Ovovivipar atau bertelur dan beranak


3. OVOVIVIPAR
OVOVIVIPAR adalah perkembangbiakan atau Reproduksi suatu makhluk hidup (Hewan) dengan cara penggabungan antara Ovipar (Bertelur) dan Vivipar (Beranak).

Makhluk hidup (Hewan) yang berkembang biak dengan cara OVOVIVIPAR, menghasilkan Telur (Bertelur), dan kemudian telur tersebut tetap berada didalam tubuh induknya sampai menetas, lalu sang induk akan mengeluarkannya (Melahirkan/Beranak) dalam bentuk individu baru yang sejenis.

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar:
Hewan Ovovivipar tidak memiliki ciri-ciri khusus, yang membedakannya hanyalah, dimulai dari proses pembuahan, menjadi Telur hingga menetas terjadi di dalam tubuh induk, lalu kemudian dikeluarkan atau melahirkan anak.

Contoh Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak (OVOVIVIPAR), antara lain:


    1.Kadal
    2.Ikan Hiu
    3.Ikan Pari
    4.Kuda Laut
    5.Sebagian Jenis Ular
    6.Bunglon
    7.Platypus

Terima Kasih telah membaca 😊😊😊😊😊